• All
  • Category 1
  • Category 2
gravatar

apresiasi program berita "metro hari ini " dan "kabar petang"

T12/OJ/2010
Arif Mulizar
210110090054

Metro TV
Dalam program berita pada stasiun TV Metro menampilkan tiga berita pada Senin (15/11) .Berita-berita yang disampaikan yaitu  kasus Gayus, letusan gunung, dan tentang ibadah haji 2010. Metro berhasil menarik minat pemirsa televisi dengan seorang Zelda Savitri. Zelda tampilsangat professional dengan membawakan berita demi berita.Dalam konten berita, berita tentang Gayus lebih banyak ditampilkan . Mungkin karena kasus Gayus sekarng benar-benar sedang naik daun.
Dalam penyajian berita Metro tidak main-main semua hal yang berkaitan dengan berita saling dikaitkan. Gambar-gambar yang ditampilkan pun sangat berkualitas dan terkesan tidak asal-asalan dalam mengambil gambar.Sayangnya gambar yang diambil ditampilkan secar berulang-ulang. Wawancara yang dilakukan dengan beberapa orang pun cukup menarik perhatian. Namun, hal yang disayangkan ada seorang yang mengeluarkan kata-kata yang kurang enak didengar tapi Metro TV  tidak melakukan sensor.
Isi atau konten berita yang dimuat dalam program ini sangat menarik.Walau  Metro TV  hanya menampilkan tiga berita. Namun, berita yang ditampilkan memanglah isu-isu yang terbaru yang menag banyak ingin dikethui oleh khlayak.


TV ONE

Tidak begitu jauh berbeda dengan isi berita yang ada di Metro TV  TV One  juga menampilkan berita yang sama,perbedaan hanya terletak pada urutan tampilnya berita.. Jika pada Metro TV yang ditampilkan pertama adalah kasus Gayus, maka pada TV One . peristiwa Gunung Merapi lebih ditonjolkan disini. Bagi senior yang baca tugas saya ini. Saya jujur saya ga nonton berita , karena waktu kedua berita ini disampaikan saya sedang mengikuti sebuah rapat yang tidak bisa saya tinggalkan. Karena saya juga punya tanggung jawab pada organisasi yang saya menjadi ketua di dalamnya. Saya  membuat tugas ini juga karena saya bertanggung jawab pada angkatan saya. Saya ingat evaluasi di ruang gelap tentang etika jurnalistik. Saya tidak mau berbohong.Maafkan saya akang teteh senior.  
Berita yang disiarkan oleh penyiar berita yang berjumlah dua orang yaitu pria dan wanita ini disampaikan dengan baik dan menarik. Aryo Widiardi dan Shinta Puspitasari antara mereka  dapat berinteraksi dengan baik.

Dalam hal waktu saya agak terganggu dengan lamanya waktu berita disampaikan. Durasi Kabar petang yaitu lebih dari satu jam akan membuat pemirsa bosan dan mengganti dengan siaran TV yang lain. Ada satu kejanggalan lain yang saya temukan pada Kabar Petang. Yaitu pemotongan berita karena adanya azan yang berkumandang. Seharusnya TV One dapat memperhitungkan berita yang akan ditampilkan agar tidak terjadi putusnya berita ditengah jalan, ketika sedang disampaikan.