• All
  • Category 1
  • Category 2
gravatar

Apresiasi Program Berita "Metro Hari Ini" Metro Tv dan "Kabar Petang" Tv One

T12/OJ/2010

Alika Nugraha
210110090029

Apresiasi Program Berita

Ketika saya melihat dan harus membandingkan antara dua program berita yaitu Kabar Petang di Tv One, maupun Metro Hari Ini yang ada di Metro Tv pada petang hari, hari senin 15 november 2010 ,saya tidak bisa menyimpulkan mana yang lebih bagus. Ini disebabkan karena jika dilihat dari konten berita, kedua program tersebut menampilkan berita yang hampir sama isinya, cuma berbeda pada cara pembungkusannya saja. Kalaupun mau dinilai dari segi pembawa beritanya, saya kira itu semua objektif, semua orang memiliki penilaian yang berbeda-beda terhadap hal ini, tetapi berbeda juga kalau yang mau dilihat itu dari segi teknis penyajian yang dilakukan, seorang presenter pada kedua program tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, baik itu dilihat dari jenis gender maupun hal lainnya. Kemudian yang mungkin paling bisa saya simpulkan adalah, program berita yang ada pada dua Tv swasta ini dua-duanya merupakan rangkuman dari berita yang ada di pagi hari dan siang harinya.
Penampilan dan teknis penyajian Presenter di kedua program berita yang ada saya kira sudah cukup bagus. Penampilan presenter yang prima dengan setelan jas dan blues bermerek terutama yang selalu ditampilkan Tv One pada awal acara merupakan pembuktian bahwa media tersebut ingin menampilkan presenter dengan tampilan terbaik. Namun seperti yang saya bilang tadi, kalau presenter sebuah program berita dinilai dari kacamata masing-masing, maka itu semua menjadi objektif, saya juga bisa menyimpulkan kalau Zelda Savitri itu cantik, namun pastinya ada orang yang juga bisa berpendapat lain. Saya kurang mengerti dengan penempatan dua presenter sekaligus, namun bisa dimaklumi kalau tujuannya ingin supaya program lebih bervariatif. Dua presenter di Tv One walau tidak sering tapi kerap mengomentari berita yang ada, apakah itu karena ingin dijadikan bahan obrolan atau tidak, tapi saya kira itu cukup mengganggu.
Mengenai konten berita yang ada, yang mungkin saya bisa garis bawahi adalah hampir tidak adanya berita baru yang disampaikan, semuanya merupakan berita yang liputannya dilakukan pada siang harinya, ini terbukti dengan adanya beberapa pemutaran liputan yang dilakukan pada siang hari..,Saya kira hanya ada satu berita dalam masing-masing program yang masih melakukan liputan langsung pada acara hari ini, Metro Tv melakukan liputan langsung terkait dengan berita abu vulkanik di wilayah Klaten, namun itupun hanya berlangsung sebentar dan hanya seperti menjadi berita kiasan saja. Tv One juga melaksanakan hal serupa, yakni liputan mengenai calon jemaah haji yang akan melaksanakan puncak terakhir kegiatan mereka di Mekkah, reporter yang ada juga sempat melakukan tanya jawab dengan reporter di studio. Sebenarnya ada satu peliputan langsung lagi yang dilakukan oleh Tv One, tetapi liputan kedua yang dilakukakan Tv One mengenai para korban gunung merapi menurut saya hanya seperti ingin mencari pendapat mengenai pengungsi bencana gunung Merapi yang melaksanakan Idul Adha di tempat pengungsian, bukan seperti berita yang masuk kedalam segi berita langsung. Sebenarnya berita yang baru tidak bisa disebut tidak ada, tapi itu semua seperti tertutup oleh berita yang sudah ada pada pagi dan siang hari, namun masih disiarkan untuk menjadi berita utama pada kedua program tersebut. Tiga headline berita yang disampaikan kedua program tersebut hampir sama, yaitu berita mengenai Gayus, laporan mengenai ibadah haji, dan sedikit mengenai musibah gunung Merapi. Khusus untuk berita Gayus, saya kira keduanya benar-benar mengeksploitasi berita tersebut. Kalau Metro Tv melakukanya dengan pengulangan video mengenai Gayus yang hampir dilakukan setiap saat ketika akan masuk ke berita yang memuat konten tersebut, Tv One melakukannya dengan penambahan judul yang mungkin dirasakan kurang manusiawi dan terkesan melebih-lebihkan. Saya tidak bisa menyalahkan pemakaian ataupun pemilihan beritanya, namun bukankah lebih baik porsi berita yang ada itu lebih diseimbangkan? Ini semua dilakukan supaya program berita tersebut benar-benar terlihat seperti program berita yang disiarkan untuk kepentingan nasional, bukan untuk kepentingan sesuatu hal.